U2 merupakan grup band asal Irlandia yang beraliran rock. Selama masa karirnya, sudah menghasilkan 14 album yang sukses mengguncang dunia. Melakukan tour ke beberapa negara hingga menjadi salah satu grup musik rock legendaris dunia. Yang setara dengan Bon Jovi, Queen, dan Rolling Stones.

Sejarah U2

Album pertama U2 memang dirilis pada tahun 1980. Namun U2 didirikan jauh sebelum album pertama mereka keluar. Atau sekitar tahun 1976. Grup band ini dibentuk ketika anggotanya masih menjadi siswa di sekolah komprehensif Mount Temple.

Yang anggotanya terdiri dari  Bono atau Paul David Hewson pada vokal, harmonika dan gitar, The Edge atau David Howell Evans pada gitar, piano, dan backing vokal,  Adam Clayton pada bas dan Larry Mullen, Jr pada drum.

U2 terkenal sebagai grup musik aliran rock dunia yang sadar akan sosial dan politik. Sehingga pada pertengahan tahun 80-an, grup musik ini berhasil masuk dalam blantika musik rock kelas internasional. Menghasilkan beberapa album yang semakin memperkaya warna musik rock dunia.

Album yang Pernah dihasilkan

Terkenal sebagai salah satu pemusik rock legendaris dunia, berikut 10 album paling fenomenal dari total 14 album yang pernah dihasilkan oleh U2 :

  1. Boy

Album Boy dirilis pada tahun 1980. Lagu-lagu dalam album ini memang masih kental dengan warna musik rock. Namun sedikit diwarnai oleh warna musik sound post punk. Akan terdengar sedikit kacau bagi sebagian orang. Namun tetap memberikan hentakan kuat dan tetap easy listening bagi pemuja musik rock garis keras.

  1. War

Judul album yang singkat namun tetap bisa memberikan pemahaman bagi fansnya. Album War dirilis 3 tahun setelah album Boy. Tepatnya di tahun 1983. Dari namanya saja pasti sudah tahu konsep apa yang diusung oleh U2. Yaitu masalah kemanusiaan dan sosial di dunia.

Relevansi antara konsep musik dan cover album semakin mengokohkan U2 dalam blantika musik rock dunia. Bisa dikatakan sebagai batu loncatan bagi U2 untuk tetap mempertahankan konsep itu untuk tahun-tahun selanjutnya.

  1. The Unforgettable Fire

Selang setahun setelah album War dirilis, U2 kembali mengeluarkan album yang tak kalah seru. Berjudul The Unforgettable Fire yang rilis pada tahun 1984. Dengan corak sound yang lebih Amerikana, U2 semakin tajam dalam memberikan kritiknya pada dunia sosial.

Salah satu lagu paling legendaris dari album ini adalah “Pride (In the name of love)”. Ini merupakan teriakan simpati untuk Marthin Luther king Jr yang tewas ditembak saat memperjuangkan hak-hak ras kulit berwarna.

  1. The Joshua Tree

Banyak yang mengatakan bahwa album The Joshua Tree yang dirilis tahun 1987 adalah lagu yang diciptakan dari dunia masa depan. Bagaimana tidak? Bentuk sound dan aransemen lagu yang dihadirkan sedikit berbeda dibandingkan dengan musik rock lainnya.

Keunikan ini terlihat hampir di semua lagu. Namun makin terasa kental pada dua lagu andalannya. Yaitu With Or Without You dan Where The Streets Have No Name. Sangat terdengar jelas kalau lagu ini memang bukan diciptakan pada tahun 80-an. Melainkan dari hasil kreatifitas masa depan yang sulit didefinisikan tapi tetap easy listening.

  1. Rattle & Hum

Salah satu ciri khas yang sekaligus menjadi value added dari U2 adalah lagu rock yang kental dengan pembahasan isu-isu politik dan kemanusiaan. Ciri khas ini semakin kental terasa pada album Rattle & Hum ini. Sekilas seperti terasa album filter. Dengan list lagu yang sangat kental dengan tema politik dan kemanusiaan.

Namun jika didengarkan dan dirasakan lebih dalam lagi, album yang dirilis pada tahun 1988 ini juga menyampaikan rasa lain tentang cinta. Konsep video klip yang dihadirkan juga lebih segar. Yaitu konsep rekaman secara live yang keren dan otentik.

  1. Achtung Baby

Memasuki awal tahun 90-an, U2 kembali membuat sebuah album yang berjudul Achtung Baby yang dirilis pada tahun 1991. Seperti ingin terus memberi warna yang berbeda pada musik rock, pada album kali ini U2 mencoba menyesuaikan diri dengan selera musik rock Eropa.

Dengan menggunakan sound Eurodance dan Industrial, U2 sukses memberikan pengalaman sound feel yang eksotis pada para penggemarnya. Juga sukses memberi motivasi pada diri band ini untuk terus berkarya dan bersama. Karena pada saat itu, band ini selalu diwarnai dengan isu bubar.

  1. All That You Can’t Leave Behind

Jarak rilis album Achtung Baby dan All That You Can’t Leave Behind memang cukup jauh. Karena album ini dirilis pada tahun 2000. Setelah melalui semedi panjangnya, akhirnya U2 kembali menggunakan warna musik simple rock pada album ini.

Penggemarnya seperti diberi kepastian pada album ini. Setelah sekian tahun mereka terombang-ambing dengan berbagai ekplorasi warna musik rock yang dibawakan oleh U2.

  1. How to Dismantle an At*mic B*mb

Sukses dengan warna simple rock pada musik album sebelumnya. Kali ini Bono kembali memberi gebrakan yang justru membuat album selanjutnya mendapat kesuksesan yang biasa saja. Karena pada album How to Dismantle an At*mic B*mb yang dirilis pada tahun 2004 ini, U2 kembali menggunakan ekplorasinya.

Meski masih ada fans setia yang menikmati lagu-lagunya. Namun bisa dipastikan ini justru menjadi bumerang bagi grup band asal Irlandia ini.

  1. No Line On the Horizon

Album No Line On the Horizon dirilis pada tahun 2009. 5 tahun setelah album How to Dismantle an At*mic B*mb dikeluarkan. Dan seperti yang diduga para fansnya, pada album ini U2 kembali menghadirkan eksplorasi rasa pada tiap musiknya.

  1. Songs of Experience

Dirilis pada tahun 2017, album Songs of Experience ini ternyata sukses meraih pasar milenial. Dengan memasukkan instrumen musik kekinian. Maka tak heran jika album ini menjadi titik terang meski usia U2 tidak lagi muda. Tapi mereka mampu menunjukkan prestasinya bersaing dengan rocker-rocker muda yang banyak bermunculan.

Profil Personil

  1. Bono atau Paul David Hewson

Paul David Hewson atau yang dikenal dengan sebutan Bono U2 atau Bono adalah salah satu anggota U2. Berperan sebagai vokal, harmonika, dan gitar. Bono lahir di Dublin Irlandia pada 10 Mei 1960. Selama karir musisinya, Bono selalu setia dengan U2 dan mendukung penuh grup band ini hingga sekarang.

  1. The Edge atau David Howell Evans (gitar, piano, dan backing vokal)

David Howell Evans atau sering dipanggil dengan The Edge adalah gitaris utama U2 sambil merangkap sebagai pianis dan backing vocal. David Howell Evans lahir di Inggris pada 8 Agustus 1961.

  1. Adam Clayton

Adam Charles Clayton merupakan bassis U2. Laki-laki kelahiran Inggris 13 Maret 1960 ini merupakan musisi ternama dari Irlandia. Selama masa karirnya, dia selalu ada untuk U2 dan mendulang sukses bersama grup band ini.

  1. Larry Mullen, Jr

Berperan sebagai drummer, Larry Mullen merupakan drummer berprestasi yang dimiliki U2. Larry lahir di Dublin, Irlandia 31 Oktober 1961. Sampai sekarang Larry masih mendukung sepenuhnya grup band U2 ini.

Nah, itulah sejarah grup band U2 lengkap dengan profil personilnya. Semoga bisa menambah knowledge tentang musisi legendaris yang pernah dimiliki dunia.

Yang terkait :

Categorized in:

Tagged in: