Bicara tentang grup band Noah, tidak akan lepas dari sebuah nama band terkenal Indonesia yang dulu pernah naik daun, yaitu Peterpan. Band asal asal Bandung yang populer di awal hingga pertengahan tahun 2000-an ini menjadi salah satu band yang digandrungi remaja di jamannya. Album pertama yang bertajuk Taman Langit (2003) pun begitu populer menghentak musik tanah air kala itu.

Peterpan hadir dengan formasi Ariel pada vokal, Andhika pada keyboard, Indra pada bass, Lukman sebagai gitar, Uki pada gitar dan Reza pada drum. Namun akhirnya band yang terlihat cukup solid ini terpaksa bubar karena banyak hal di tahun 2006. Sejak saat itulah perjalanan Peterpan selesai dan dilanjutkan dengan Band Noah hingga sekarang.

Sejarah Awal Pembentukan Band Noah

Sejarah awal pembentukan band Noah diawali dengan hengkangnya Indra dan Andika pada tahun 2006. Berita ini tentu sangat mengejutkan bagi fans berat Peterpan. Pasalnya, Indra sebagai bassis dan Andika sebagai keyboardis memiliki peran yang sangat penting bagi Peterpan

Ingin segera move on, akhirnya posisi Indra digantikan oleh Lucky dan posisi Andika digantikan oleh David. Sama seperti anggota Peterpan lain, Indra dan Andika juga langsung move on dengan mendirikan band baru yang diberi nama The Titans.

Apakah masalah Peterpan selesai? Ternyata tidak. Nama “Peterpan” adalah usulan dari Andika. Sehingga Andika merasa keberatan jika band yang digawangi oleh Ariel ini tetap menggunakan nama Peterpan. Bahkan konon kabarnya, Andika sampai memberi ultimatum akan menghentikan semua konser Peterpan jika band ini masih menggunakan nama Peterpan.

Tidak ada pilihan lain. Meski berat, karena nama Peterpan kadung menjadi branding, namun akhirnya Ariel dan teman-temannya mendengarkan ultimatum tersebut. Dan bersedia mengganti nama Peterpan dengan nama lainnya 6 tahun kemudian.

Ternyata Lucky juga tidak lama di Peterpan. Dua tahun sejak bergabung bersama grup band ini, akhirnya Lucky juga hengkang pada tahu 2008. Dan posisi bassis diganti oleh Ikhsan Nurrahman. Formasi Peterpan sedikit berubah dengan kedatangan Ikhsan yang menggantikan Lucky.

Penggantian Nama

Meski telah diultimatum oleh Andika sejak tahun 2006, nyatanya Ariel dan kawan-kawan masih menggunakan nama Peterpan. Dengan alasan belum menemukan nama baru yang tepat. Namun akhirnya, tepat pada tahun 2012, nama grup band asal kota kembang ini berubah menjadi nama Noah.

Nama Noah ini tidak serta-merta hadir begitu saja. Sebelum memutuskan menggunakan nama ini, ada beberapa calon nama yang sempat dilempar ke publik. Seperti Masterplan, Tanaris, dan Raokin. Namun akhirnya internal grup memutuskan menggunakan nama Noah.

Tidak hanya sebatas kata atau untuk tujuan branding saja. Ternyata nama Noah memiliki arti filosofi tersendiri. Yaitu panjang umur, memberi ketenangan, dan memberi kenyamanan. Bersamaan dengan moment pergantian nama itulah akhirnya Noah meluncurkan album pertamanya yang berjudul “Separuh Aku”. Lagu pertama yang mengenalkan identitas dari Noah itu sendiri.

Iksan dan Reza yang Turut Hengkang

Euforia kembalinya Peterpan dengan nama Noah masih melanda blantika musik tanah air. Fans fanatik Peterpan yang telah lama menunggu kehadiran grup band ini seperti mendapat angin segar. Saat grup band favorit mereka bisa kembali manggung dan memberikan karya terbaiknya.

Terlebih saat itu Ariel yang baru saja keluar dari penjara terlihat antusias dalam menata hidup kembali. Berbagai tour ke daerah dilangsungkan untuk merayakan kembalinya Ariel dan kawan-kawannya menjadi musisi yang identik dengan semangat kaum muda.

Namun itu bukan jaminan tidak ada masalah dalam internal Noah sendiri. Tepat satu tahun setelah Noah membuka lembaran baru, masalah hengkangnya anggota kembali menyapa Noah. Ihsan Nurrohman, Sang Bassis andalan yang telah bergabung bersama Noah selama 5 tahun akhirnya mengundurkan diri. Dan posisi bassis digantikan oleh Boy Tondo.

Dua tahun setelah Ikhsan hengkang, Reza juga turut hengkang pada tahun 2015. Reza merupakan salah satu personil yang sudah ada sejak awal pembentukan Peterpan. Posisi Reza sebagai drummer akhirnya digantikan oleh Rio.

Boy Tondo dan Uki yang Akhirnya Ikut Keluar

Masalah keluarnya personil Noah ternyata tidak berhenti. Boy Tondo yang bergabung bersama Noah sebagai bassis pada tahun 2013 hanya bertahan 3 tahun saja di grup band ini. Tepat di tahun 2016, Boy Tondo memutuskan untuk keluar.

Tidak berhenti begitu saja. Uki juga mengikuti jejak Boy Tondo keluar pada tahun 2019. Dan sejak saat itu, Noah belum menemukan pengganti personilnya yang keluar. Dengan alasan tidak mudah untuk menemukan personil yang sesuai dengan karakteristik Noah.

Album yang Pernah dirilis Noah

Sejak awal kemunculannya di blantika musik Indonesia, Noah telah menghasilkan karya lagu yang luar biasa. Digandrungi oleh kaum remaja di jamannya. Ada 5 album yang telah dihasilkan saat masih menggunakan nama Peterpan. Yaitu :

  1. Album Taman Langit (tahun 2003)
  2. Album Bintang di Surga (tahun 2004)
  3. Album Ost. Alexandria (tahun 2005)
  4. Album Hari yang Cerah (tahun 2007)
  5. Album Sebuah Nama Sebuah Cerita (tahun 2008)

Sedangkan setelah menggunakan nama Noah, ada 2 album yang telah dirilis. Yaitu :

  1. Album Seperti Seharusnya (tahun 2012)
  2. Album Suara Lainnya (tahun 2012)

Profil Personil Noah Band

Hingga kini Noah masih tetap eksis meski hanya beranggotakan 3 orang saja. Yaitu Ariel, Lukman, dan David. Sebagai pengingat, berikut ini ada profil Personil dari beberapa anggota Band Noah :

  1. Ariel Noah

Terlahir dengan nama Lengkap Nazril Ilham, Ariel merupakan personil Noah pada posisi vocal. Posisi yang sama sejak pertama kali Peterpan berdiri. Ariel lahir di Pangkalan Brandan, Sumatra Utara, 16 September 1961.

Sepanjang perjalanan karir bermusiknya, Ariel tidak pernah lepas dari sorotan publik. Termasuk saat dia harus masuk di lapas karena kasus videonya dengan salah seorang artis ternama tanah air.

  1. Luekman Noah

Sama seperti Ariel, Lukman adalah orang yang masih ada sejak awal Peterpan ada. Lukman lahir pada 30 Desember 1986 di Cianjur, Jawa Barat dengan nama Loekman Hakim. Di Noah, dia berada pada posisi gitaris. Selama kariernya di industri musik tanah air, kehidupan pribadi Lukman jarang tersorot kamera.

  1. David

David Kurnia Albert atau yang akrab dipanggil David adalah personil Noah bagian keyboard. Lahir di Jakarta, 11 Juli 1981. David bergabung di Noah pada tahun 2006. Menggantikan posisi Andika yang hengkang dan mendirikan band sendiri bernama The Titans.

  1. Reza

Reza merupakan mantan drummer Noah yang hengkang pada tahun 2015. Sepanjang perjalanan Noah, Reza selalu hadir sejak tahun 2001 hingga 2015. Reza lahir dengan nama lengkap Ilsyah Ryan Reza di Poso, 11 Maret 1977.

  1. Uki

Uki juga salah satu personil yang cukup lama di Noah. Dia bergabung sejak tahun 2001 hingga 2019. Uki lahir di Bandung, 5 Oktober 1981 dengan nama lengkap Mohammad Kautsar Hikmat. Setelah 18 tahun berkarya bersama Noah, akhirnya dia memutuskan hengkang dengan alasan yang tidak disebutkan.

Itulah perjalanan sejarah singkat grup band Noah dan deretan album-album yang pernah ditelurkannya. Meski diwarnai dengan masalah bongkar personil, namun Noah membuktikan tetap eksis di blantika musik tanah air.

Yang terkait :

Categorized in: