Tak dapat disangkal jika gitar merupakan alat musik yang paling popular saat ini. Selain bentuknya yang simple dan tak terlalu besar, harga yang terjangkau, gitar juga mengeluarkan suara yang indah. Oleh karenanya tak jarang banyak orang yang ingin mencoba belajar untuk memainkan alat petik ini.

Sebenarnya tidak sulit belajar memainkan gitar, tentunya yang diperlukan adalah gitar sebagai sarana utamanya, kemudian skill atau tehnik untuk memainkannya. Dalam mengasah skill bermain gitar, kamu butuh keseriusan, ketekunan, konsistensi serta kesabaran agar suara yang dihasilkan bisa serasi dan merdu.

Dikarenakan butuh waktu yang tidak sedikit, tak jarang dari kita yang menjadi frustasi dan malas untuk terus belajar bermain gitar. Apalagi bagi pemula, jangankan bisa menghasilkan suara yang merdu, menekan senar gitar/string terlalu lama saja sudah membuat jari jemari menjadi pegal dan sakit. Jangan khawatir, hal itu wajar terjadi kok. Seiring berjalannya waktu, kulit ujung jari akan menebal dengan sendirinya (istilahnya kapalan) sehingga tidak akan terasa sakit lagi saat berlama-lama menekan senar gitar.

Bagi kamu yang merasakan kesulitan dalam bermain gitar, jangan khawatir ya. Hal itu lumrah terjadi kok dan bukan hanya terjadi saat belajar gitar saja, akan tetapi semua alat musik juga dipastikan akan sulit diawalnya. Bukan sekedar berdalih, akan tetapi pada kenyataannya memang setiap alat musik memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda, tak terkecuali gitar. Tapi jangan patah semangat, sebab ternyata belajar bermain gitar bukan tergolong yang paling sulit kok!.

Tehnik Belajar Gitar Pemula

 

  1. Menghafal Chord Atau Kunci Gitar Dasar

Sebelum masuk ke pelajaran memetik gitar, baiknya kamu menghafalkan dulu posisi jari di masing-masing nada sehingga menghasilkan chord lagu. Chord adalah rangkaian susunan nada/not yang digunakan untuk mengiringi suatu melodi dalam lagu. Chord gitar dasar diantaranya adalah kunci A, B, C, D, E, F, G. Diawal jangan belajar kunci yang sulit, akan tetapi pahami dan hafalkan kunci-kunci gitar dasar terlebih dahulu. Jika sudah, maka lanjut ke poin selanjutnya.

  1. Tehnik Dasar Belajar Gitar

Gitar memiliki banyak jenisnya, ada jenis gitar listrik, gitar akustik dan gitar klasik. Meskipun ada beberapa model dan jenis gitar, namun konsep dasar bermain gitar sejatinya tetap dilakukan dengan 2 cara, yaitu dengan cara dipetik dan dikocok atau istilah populernya di genjreng.

A. Tehnik Dipetik

Tehnik membunyikan gitar dasar yang pertama adalah dengan cara memetik senar satu per satu menggunakan jempol atau ibu jari. Cara ini dilakukan untuk membiasakan jari jemari bersentuhan dengan senar. Atur tekanannya agar tidak terlalu kuat atau terlalu lembut, sebab jika terlalu kuat maka suara yang dihasilkan akan sumbang dan jika terlalu lembut maka suara menjadi tidak terdengar. Setiap jari pada tangan kanan sebenarnya bisa digunakan untuk memetik senar, namun diawal boleh dilakukan dulu dengan ibu jari, telunjuk dan jari tengah.

B. Tehnik Dikocok atau Digenjreng

Tehnik membunyikan gitar dasar yang kedua adalah dengan cara kocokan menggunakan lima jari tangan. Diawal boleh dengan cara menggerakkan semua jari ke atas ke bawah saja sampai menemukan irama yang tepat sambil bersenandung. Tidak ada aturan khusus dalam kocokan gitar, hanya cukup mendengarkan beat/ketukan lagu saja kemudian diikuti karena setiap lagu mempunyai ritme kocokan yang berbeda-beda.

  1. Tehnik Bernyanyi Dengan Gitar Mengikuti Irama (Birama)

Menghafal chord gitar sudah dilakukan, belajar memetik juga sudah. Kini kita lakukan hal yang berikutnya, yaitu tehnik bersenandung atau bernyanyi dengan gitar mengikuti irama lagu. Jangan minder saat suara yang keluar fals atau melakukan kesalahan saat bermain gitar karena hal itu wajar saat belajar.

  1. Memainkan Gitar Dengan Benar

Bagi para pemain gitar profesional, cara bermain gitar yang benar adalah dengan semua jari jemari. Namun bagi pemula tentu hal tersebut sulit untuk dilakukan. Nah, agar proses belajar menjadi lebih mudah dan sederhana, berikut beberapa langkah yang bisa kamu lakukan saat belajar memainkan gitar.

A. Memastikan Setelan Senar Gitar Sudah Sesuai Dengan Nadanya.

Sebelum memainkan gitar dan menciptakan nada yang harmonis, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek terlebih dahulu apakah suara gitar sudah harmonis atau belum, sebab tanpa setelan gitar yang benar dan fals, mustahil bermain gitar bisa menghasilkan nada yang enak didengar. Jika kamu kesulitan, bisa meminta bantuan teman yang sudah menguasai setelan nada gitar. Adapun urutan nada mulai dari senar paling atas (senar 6) adalah E, A, D, G, B, dan terakhir E.

Pengaturan tuner atau setelan gitar berada di putaran gitar yang berjumlah 6 buah pada bagian kepala gitar (yakni putaran yang ada di kepala gitar). Agar jari tidak terlalu sakit saat diawal, maka baiknya memainkan dengan nada rendah dengan cara mengendurkan setelan senar gitar, namun jika ingin nada yang lebih tinggi, maka bisa dengan mengencangkannya.

B. Memetik Senar Menggunakan Dua Jari

Langkah pertama yaitu dengan cara meletakkan ibu jari pada senar paling atas (senar 6), telunjuk di senar 5 dan jari tengah di senar 4. Ikuti dengan jari kelingking dan jari manis untuk petikan melodi jika memungkinkan. Lakukan secara konsisten dan terus menerus di satu kunci hingga menguasai kemudian beralih ke kunci nada lainnya.

C. Berpindah Chord

Langkah berikutnya adalah menghafalkan posisi jari saat berpindah chord. Misalnya dari kunci G ke A sambil dipetik. Lakukan terus menerus sampai lancar dan suara gitar benar-benar sudah sesuai dengan nadanya, sehingga mendapatkan melodi yang merdu. Jangan lupa untuk tetap bersenandung untuk mengharmoniskan suara nyanyian yang keluar dari mulut dengan suara gitar.

  1. Belajar Tuning Atau Stem Setelan Senar Gitar

Jika langkah-langkah diatas sudah lancar, kini beralih ke belajar menyetel atau stem senar gitar. Hal ini penting untuk dilakukan supaya kamu tidak bergantung kepada orang lain saat suara gitar kurang harmonis. Pada saat kamu menguasai tuning gitar, maka kamu bisa mengatur sendiri nada rendah maupun nada tinggi yang sesuai dengan suaramu.

Untuk mendapatkan tutorial yang lebih lengkap perihal bagaimana cara menyetel stem gitar, kamu bisa dapatkan melalui video-video di Youtube atau bisa juga dengan cara menggunakan aplikasi stem/tuner gitar yang tersedia di Google Play Store atau App Store.

Demikianlah tutorial belajar gitar bagi pemula yang paling gampang yang bisa kamu lakukan. Tetap semangat dan terus konsisten ya! Siapa tau suatu hari nanti kamu jadi salah satu gitaris andal Indonesia.

Yang terkait :

Categorized in:

Tagged in: