Gitar merupakan salah satu alat musik yang mungkin paling banyak dijadikan sarana bermusik. Sangat mudah untuk menemukan orang yang bisa bermain atau bernyanyi menggunakan gitar di sekeliling kita. Terutama pada saat kita diluar rumah, banyak pengamen yang menyanyikan lagu dengan dengan bermodalkan gitar. Hal tersebut menunjukkan bagaimana populernya gitar di tengah masyarakat Indonesia.

Bermain musik dengan gitar bisa memiliki banyak manfaat. Selain sebagai sarana self healing dan menghibur diri, beberapa orang juga memanfaatkan gitar sebagai profesi  yaitu menjadi gitaris. Beberapa lagi memanfaatkannya untuk membuat kanal-kanal di Youtube dengan melakukan cover lagu untuk kemudian memonetisasi lewat penghasilan Google Adsense.

Secara umum, orang memilih gitar akustik sebagai sarana belajar mengenal alat musik dan nada. Saat sudah menguasai tehnik dasar bermain gitar, baru kemudian beralih ke gitar yang lebih berbobot seperti gitar elektrik atau gitar listrik. Meskipun gitar akustik juga memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi seperti bermain musik klasik atau melakukan tehnik fingerstyle.

Namun untuk menguasai gitar akustik juga tak kalah menantang, sebab selain bisa bermain gitar, bernyanyi dengan merdu dengan gitar merupakan tantangan yang beda lagi tingkat kesulitannya. Dilihat dari sisi harga, gitar memiliki harga yang cukup terjangkau jika dibandingkan dengan alat musik melodis lainnya. Sebut saja keyboard atau piano yang harganya sampai puluhan juta rupiah. Sedangkan gitar yang banyak dijual secara umum berkisar ratusan ribu hingga beberapa juta rupiah saja.

Dengan harga yang terbilang cukup murah, tehnik pembelajaran yang cukup mudah dan portable, wajar jika gitar menjadi salah satu alat musik favorit yang paling sering dimainkan dalam setiap kesempatan.

Bagi kamu Temannyanyiyuk yang pada saat ini ingin membeli gitar untuk belajar, baiknya simak dulu penjelasan dari tim Nyanyiyuk mengenai rekomendasi merk gitar terbaik harga terjangkau, utamanya yang berjenis gitar akustik. Yuk simak selengkapnya.

Memilih Gitar Yang Cocok Untuk Pemula

Khususnya gitar akustik begitu banyak ragamnya. Dari mulai merk yang tidak terkenal hingga merk-merk yang cukup dikenal. Dari sisi harga juga terbilang variatif, mulai dari 300ribuan hingga jutaan rupiah. Silahkan pilih gitar yang menurut kamu paling nyaman dikantong.

Namun sebelum kamu membeli, baiknya perhatikan beberapa hal terlebih dahulu.  Salah satunya adalah kualitas. Tidak dapat dipungkiri bahwa harga berbanding lurus dengan kualitas. Semakin murah harganya, cenderung semakin buruk kualitasnya. Kualitas gitar yang buruk akan berpengaruh pada saat belajar gitar karena biasanya gitar dengan kualitas yang kurang baik senar pada bagian fingerboard keras pada saat ditekan, bunyi yang fals (tidak harmonis), sulit di stem, bagian leher (neck) gitar yang kurang lurus dan sebagainya.

Jadi sebaiknya, sebelum kamu membeli gitar, ada baiknya memilih gitar yang harganya tidak terlalu murah dan dari merk yang cukup terkenal agar kamu merasa nyaman saat dimainkan.

Jenis Gitar, Bentuk Serta Ukuran Yang Sesuai

Poin ini menjelaskan bahwa kamu bisa memilih gitar dengan ukuran yang sesuai dengan postur tubuh. Meskipun secara umum ukuran gitar memiliki ukuran yang standar, namun sebisa mungkin kamu memilih yang paling sesuai dengan ukuran tubuhmu. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa lebih nyaman saat memainkannya.

Berikut beberapa tipe ukuran gitar yang bisa TemanNyanyi pilih.

Gitar Klasik

Gitar klasik adalah gitar pertama yang akan kita bahas. Gitar ini menggunakan senar jenis nilon. Fretboard pada gitar klasik lebih lebar ketimbang gitar senar baja. Hal ini untuk memudahkan dalam bermain dengan kunci chord gitar lagu bernuansa klasik karena memiliki area yang lebih luas untuk jari jemari saat dimainkan.

Bagi TemanNyanyi pemula, gitar ini bisa menjadi salah satu rekomendasi untuk dibeli, sebab senar nilon lebih elastis dan lebih besar dari gitar jenis string/senar baja. Oleh karena itu gitar nilon lebih mudah untuk dimainkan. Gitar klasik diproduksi oleh banyak pabrik gitar di seluruh dunia. Beberapa merk ternama produsen gitar klasik diantaranya Yamaha, Cort, Cordoba dan Kremona. Namun tentu di Indonesia yang paling popular dan mudah dicari adalah Yamaha dan Cort.

Gitar Parlor

Jenis gitar yang kedua adalah gitar parlor. Ciri-ciri gitar ini adalah bentuknya yang mungil dan memanjang. Bagi anak-anak yang ingin belajar bermain gitar, parlor dinilai yang paling tepat karena mudah dimainkan oleh orang yang berpostur cenderung kecil dan cocok untuk semua gaya permainan termasuk tehnik memetik maupun dengan gaya kocokan.

Dikarenakan ukurannya yang kecil, maka gitar parlor sangat cocok digunakan bagi para pemula yang ingin belajar gitar serta memiliki hobi traveling karena ringan untuk dibawa bepergian.

Gitar Jumbo

Gitar jumbo di masa awal diperkenalkan oleh Gibson sekitar tahun 1930-an dengan model J-200. Sesuai dengan namanya, gitar ini mampu mengeluarkan suara yang lebih besar dari gitar kebanyakan. Dikarenakan pada masa itu alat amplifier gitar belum marak, maka gitar ini memiliki banyak penggemar. Namun kemudian tergeser di era perkembangan amplifier akustik mulai berkembang.

Gitar akustik jumbo memiliki ciri membulat di bagian bahu dan bawahnya. Gitar jumbo memiliki rongga kosong yang besar sehingga bisa menghasilkan resonansi yang besar dan nada yang dalam.

Dreadnought

Dreadnought adalah jenis gitar akustik yang paling marak saat ini. Pencipta Dreadnought adalah Martin pada akhir 1916. Bentuk gitar dreadnought cenderung besar dengan fingerboard dan bagian fret yang lebar.

Bentuk dreadnought yang besar memberikan kemampuan berupa kualitas suara dengan treble yang jernih, midrange yang tajam serta low end yang kuat sehingga memberikan efek suara yang berani dan tajam.  Gitar jenis ini cocok sebagai pengiring lagu-lagu dengan genre rock, bluegrass atau country.

Auditorium/Grand Auditorium

Jika menjadi gitar yang nyaman dimainkan sambil duduk, maka pilihannya jatuh kepada jenis gitar Auditorium/Grand Auditorium. Gitar jenis ini memiliki bagian pinggang yang lebih sempit sehingga nyaman untuk didekap pada saat posisi duduk.

Gitar akustik jenis Auditorium sangat multifungsi dan cocok untuk semua jenis musik. Suara yang dihasilkan begitu hangat, cozy, tegas namun dengan kombinasi yang seimbang serta cocok untuk semua gaya permainan.

Concert/Grand Concert

Gitar jenis Concert hampir mirip dengan jenis Auditorium. Bedanya ada pada suara yang dihasilkan yaitu suara yang jernih, tenang dan dangkal. Dengan suara yang memiliki rentang menengah yang kuat serta treble yang jernih, maka jenis gitar Concert akan lebih terasa manis dimainkan dengan cara dipetik.

Yang terkait :

Categorized in:

Tagged in: